5 Manfaat dan Fungsi Asuransi

By | September 8, 2017

Selama ini mungkin anda mengikuti asuransi hanya untuk jaminan ketika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, seperti kecelakaan, kehilangan aset, kesehatan tubuh yang menurun, atau bahkan kematian.

Namun tahukah anda, selain untuk mendapatkan manfaat asuransi seperti di atas, dengan mengikuti program asuransi anda juga akan mendapat manfaat lain.

Yap, sebab disini badan asuransi berdiri bukan hanya sebagai penjamin financial para clientnya. Namun juga memiliki fungsi lain, seperti.

  1. Aktif dalam pengalihan resiko

Ketika anda mengalami sebuah kejadian yang tak diinginkan, sudah tentu akan mendapati berbagai resiko. Mulai dari kerugian harta benda dan kerugian jiwa lainnya.

Nah dengan mengikuti asuransi, akan sudah termasuk aktif dalam pengalihan resiko yang mungkin di alami ketika mendapati sebuah kejadian tak diharapkan.

Pengalihan resiko disini bukanlah menghilangkan kemungkinan msifortne dari nasabah asuransi. Namun pengalihan resiko yang dimaksud ialah pemberian peace of mind pada nasabah tentang kemungkinan adanya peristiwa merugikan.

Apabila dilihat dari premi yang dibayarkan tiap bulan atau tahunnya, mungkin imbalan yang diberikan akan berkali-kali lipat jumlahnya.

  1. Sarana penghimpun dana

Selain dengan berinvestasi dan menabung, anda juga bisa menghimpun dana yang anda miliki untuk kebutuhan masa depan melalui premi asuransi. Untungnya lagi, dana yang anda himpun dari premi yang dibayarkan ini bisa dikelola dengan produktif sehingga nantinya anda pun akan mendapat keuntungan dana.

Nah untuk strategi yang digunakan untuk pengelolaan dana tersebut pada setiap perusahaan asuransi memiliki cara atau strategi yang berbeda. Hanya saja, kebanyakan premi dari nasabah akan digunakan untuk dana investasi proyek besar, dimana keuntungan yang didapat pun umumnya cukup besar.

  1. Premi seimbang

Umumnya, setiap produk asuransi akan memiliki tarik premi yang berbeda-beda. Istilah tarif premi yang lebih dikenal dengan rate of premium ini akan disesuaikan dengan resiko yang dialihkan pada penanggung.

Dengan begitu, setiap jumlah premi yang anda bayarkan akan seimbang dengan kemungkinan resiko yang anda dapati apabila mengalami kejadian merugikan.

  1. Perlindungan dari kebangkrutan

Saat ini asuransi bisnis menjadi salah satu jenis asuransi paling banyak diminati. Sebab dari asuransi ini anda bisa mendapat jaminan perlindungan apabila bisnis yang anda jalani mengalami kegagalan atau bangkrut.

Nah selain mampu melindungi resiko kebangkrutan perusahaan, dengan mengikuti asuransi bisnis ini para karyawan pun akan lebih terjamin. Dengan begitu pengelolaan bisnis dapat dilakukan dengan rasa aman karena sudah ada yang diandalkan jika terjadi suatu kemungkinan buruk.

  1. Merangsang pertumbuhan ekonomi

Melihat perekonomian Indonesia yang semakin membaik, nampaknya hal ini tak terlepas dari peran serta para perusahaan asuransi. Dimana mulai dari skala makro, asuransi sudah memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahap lebih tinggi.

Ya, sebab dari asuransi inilah para pebisnis dan nasabah asuransi lainnya akan mendapat jaminan finansial apabila terjadi kemungkinan buruk terkait sumber panghasilannya.

Melihat banyaknya manfaat asuransi seperti di atas, tentu sangat rugi jika anda belum mengikuti program asuransi apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *